Selasa, 07 Juli 2015

Resensi Buku: Steal like an Artist



Penulis             : Austin Kleon
Penerjemah      : Rini Nurul Badariah
Penerbit           : Noura Books
Tahun Terbit     : Cetakan kedua, Juli 2014
Halaman          : 147


Steal like an Artist. Sebuah buku yang mengupas tentang bagaimana menjadi kreatif dengan mencuri. Ya, mencuri! Austin Kleon membagi sarannya untuk menjadi kreatif dengan 10 cara. Cara yang pertama adalah dengan mencuri seperti seniman.

Seperti apa sih mencuri seperti seniman itu? Mungkin, kira-kira seperti ini gambarannya:


Intinya adalah, tidak ada yang benar-benar baru, alias orisinal. Yang ada adalah kita kembali merangkainya dengan sesuatu yang khas dari diri kita sendiri.

Selain menjelaskan bagaimana cara mencuri seperti artis dan segala seluk-beluknya, Kleon jua membeberkan 9 tips lain yang sangat mudah dipraktekkan untuk menjadi seorang yang kreatif.

Misalnya, di bab “Untuk Memulai, Tak Perlu Menunggu sampai Kau Temukan Jati Dirimu” Kleon menjelaskan bahwa tidak penting siapa kita, yang penting adalah kita langsung mulai berkarya. Bahkan dari perjalanan berkarya itulah kita bisa mengenal diri kita.

Di bab “Proyek Sampingan dan Hobi itu Penting”, Kleon menjelaskan bahwa kita tak perlu ngotot bekerja di bidang yang sesuai passion kita. Malah, ketika kita punya hobi atau proyek sampingan, yang kita lakukan di sela-sela pekerjaan utama, di situlah kita bisa menekuninya dengan baik. Bisa jadi, hobi atau proyek sampingan itu yang malah memberikan potensi yang menjanjikan. 

Saya sendiri merasa sangat termotivasi dan terinspirasi setelah membaca buku ini. Selain layout-nya yang menarik, kata-kata di dalamnya juga mudah dipahami dan tidak bertele-tele. Kleon mengungkapkan semuanya dengan bahasa sederhana dan ramah, seperti orang sedang mengobrol dengan temannya.

Buku ini sangat bagus dibaca untuk para pekerja seni atau siapapun yang menganggap pekerjaannya adalah sebuah seni. Langkah-langkah yang dibagikan Kleon untuk menjadi kreatif, mudah dan bisa langsung dipraktekkan, jika memang ada kemauan.

Ada satu tips yang menyentuh saya, suatu hal yang tidak terpikirkan, tapi ternyata setelah membacanya, saya pikir itu bisa jadi benar.

Hahahaha, iya saya nggak kepikiran tentang itu :")